06 September 2012

Memadukan konsep pendidikan berbasis industri dan militer 
di Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK )
oleh : Arifin, S.Pd 


Sekolah merupakan lembaga formal dimana dasar-dasar pendidikan didapat oleh pelajar, dari tingkat pendidikan usia dini ( paud ), tingkat dasar, menengah, perguruan tinggi.  Pendidikan di negara kita dari dulu dinilai terlalu monoton bahkan cenderung pelajar disekolah mengalami kejenuhan dan cenderung bosan. Oleh karena itu berbagai metode senantiasa dinamis dikembangkan di lembaga pendidikan (sekolah) untuk menggali potensi peserta didiknya sehingga proses pembelajaran tercapai sesuai dengan target belajar dan meteri yang disampaikan ke peserta didik dapat terserap, mudah difahami serta memiliki karakter.

Pendidikan memang sektor  sangat penting dan faktor utama kemajuan suatu bangsa( negara). Kurikulum berbagai negara telah di adopsi negara kita tetapai kenyataannya masih berjalan tertatih-tatih.pemerintah seolah-olah lepas tangan menyerahkan metode pendidikan di negara kita asal jalan saja. Tantangan ini sangat berat bagi pendidik yang memiliki keterbatasan sarana dan prasarana masih belum memadai. Pendidikan di negara kita senantiasa harus punya karakter kebangsaan dan senantiasa memadukan berbagai strategi serta potensi . Adapun langkah sebaiknya dengan :

  • Pendidikan ditingkat dasar, peserta didik harus sudah dikenalkan dengan metode real dan   praktis, edukatif, serta sejarah wawasan kebangsaan 
  • Pendidikan tingkat menengah pertama, peserta didik diharapkan dkenalkan dengan berbagai teknologi, jenis keahlian, profesi,wawasan kebangsaan, mental disiplin
  • Pendidikan menengah atas/kejuruan, mengarahkan profesi jenis-jenis pekerjaan, menjalin kerjasama dengan industri,menjalin kerjasama dengan militer untuk membentuk karakter dan nilai bangsa dalam leadership,disiplin,mandiri dan tangguh serta jujur.
  • Pemerintah bener-bener serius membenahi dari sarana, pendidik,fasilitas pendidikan yang layak dan standar negara maju.  
  •  Menambah materi-materi keagamaan dan moralitas bangsa 
  • Pemerintah membuat lembaga riset untuk peneliti muda dan memberikan fasilitas penunjang kemajuan teknologi bangsa
Dengan ini diharapkan memberikan solusi untuk kejuan bangsa ...
..kalo kita tidak peduli siapa lagi
Add caption









Tidak ada komentar:

Posting Komentar